Diary Kak Ryan, Sebuah catatan menuju kesuksesan

Tentang blog catatan kak ryan

Catatan kak Ryan dibangun berdasarkan minat pribadi oleh Ryan Jauhari, semakin hari konten digital literasi semakin banyak digemari oleh kaum milenial. Terlebih lagi artikel yang membahas isu spesifik, dengan hadirnya catatan ini saya selaku penulis dan sekaligus pengelolah blog Catatan Kak Ryan bisa dengan leluasa menulis topik pengalaman tanpa tercampur dengan artikel lainya. Sebelumnya saya sudah pernah membuat blog pribadi yang membahas konten tentang elektronika lebih dalam, tapi semakin keisini entah kenapa saya jadi lebih suka mengulas / membagikan pengalaman pribadi di facebook.

Saya pernah memposting pengalaman isi hati di salah satu kominitas facebook, grup Curhat Dan Siskusi Santai. Saya sekali hanya sedikit orang yang menghargai artikel saya, mereka lebih senang membulli, melecehkan dibandingkan memberikan suporta agar saya bisa semangat lagi. Tak jarang terkadang dalam sebuah postingan saya memberikan kalimat inspirasi, tapi mereka malah menganggap hal tersebut biasa saja. Saya tetap tenang, sebagian masih ada yang mau membaca dan memahami arti artikel yang saya bahas.

Sampai disini saya berfikir kenapa nggak di duitin aja, posting di fb dinyinyirin orang mending post di blog pribadi saja. Enak bisa dibaca lebih banyak orang, bukan hanya di fb tapi semua orang di dunia internet. Suatu saat bila membutuhkan artikelnya bisa dibaca kembali, siapa tahu kilas balik kisah saya beberapa tahun silam bisa menjadi inspirasi yang baik bagi saya dan keluarga kedepanya. Ada banyak kesalahan yang pernah saya alami selama hidup, kesalahan tersebut menjadi pelajaran yang berharga buat saya sendiri.

Bagi saya kesalahan disebut juga pengalaman dan merupakan guru terbaik saat kita belajar, tanpa itu semua kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepanya. Kehidupan dimulai dari resiko kecil, banyak orang belajar menghabiskan waktu setiap hari namun dihadapkan dengan masalah resiko. Resiko membuat orang kehilangan lebih banyak waktu dalam mewujudkan impian, contohnya : Ketika kamu ingin berbelanja online, ingin membeli produk impianmu dengan merek AAA tapi kamu takut tertipu dengan performa produk tersebut.

Nah kamu bisa melihat review dari pengalaman orang lain yang sudah pernah membeli produknya. Setelah melihat review kamu akan mengetahui isi produk tersebut, sekarang kita memahami betapa pentingnya pengalaman demi perkembangan ilmu pengetahuan masa depan. Tanpa adanya pengorbanan maka kita tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi kedepanya.

Disini saya menuliskan catatan harian berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, tak terkecuali pengalaman buruk sekalipun saya bagikan. Beberapa hari yang lalu saya pernah membuat catatan dengan judul cita-cita yang tertunda, dalam pembahasanya saya bercerita kalau untuk berpindah daru anak-anak menjadi orang dewasa tidaklah mudah. Apalagi kalau kita masih punya keinginan, ditambah lagi keluarga yang broken home.

Jika ingin dikenang lebih dlam lagi, rasanya cukup banyak pengalaman pribadi saya yang cocok buat dibagikan. Seingat saya, pertamakali mengenal teknologi sejak saya sd. entah kelas berapa saya sudah lupa, saya memulainya dengan bermain listrik-kelistrikan. Dimana saya berperan sebagai seorang soundman, juga tukang instalasi kabel listrik.

Sekarang pengatahuan yang saya punya merambah ke dunia IT, sayang banget kalau pengalaman tersebut hanya dimakan sendiri, disimpan sendiri tanpa diketahui siapapun. dengan hadirnya blog ini saya bisa berbagi semoga pengalaman apapun yang saya bagikan disini dalam konteks catatan harian bisa bermanfaat buat teman-teman semua.


Sebuah Cerita untuk catatan Kak Ryan

Di awali dari HP Forland F318, kisah ku dimulai. Sore hari, adik ku mau pulang ke rumah nenek. Dia punya dua HP, satu Mito dan satu Sony. Ponsel Mito sengaja di sinpan oleh bapak ku, sehingga adik gak bisa mencari nya. Akhirnya dia pulang hanya membawa hp sony....

Karena bentuk nya bagus, ponse mito di tukar oleh bapak ku dengan HP milik dia Forland F318. Sejak saat itu ponsel Forland jadi milik ku.

Karena nggak ada hiburan, aku jadi oprek hp nya. Hingga akhirnya ketemu dengan fitur WAP & GPRS, awalnya aku nggak tahu kegunaan WAP buat apa.

Seminggu setelah itu, tetangga sebelah rumah meminta kami buat menjaga gudang milik nya, sementara ia mau pulang kampung. Saat menjaga gudang, aku secara tidak sengaja menemukan buku berjudul Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Lengkap dengan gambar komputer dan beberapa telepon genggam, gambar itu bikin aku tertarik memiliki nya.

Buku itu aku curi, tanpa sepengetahuan bapak, juga pemilik nya. Berkat buku inilah aku jadi paham fitur WAP, GPRS, Dan juga Layanan Google.

Setiap hari, pulang sekolah aku mulai Main HP. Buka google mencari berbagai artikel yang ada di internet, terkadang aku suka mencari gambar. Kebanyakan gambar yang aku cari, gambar yang aneh-aneh.

Aku ingat, dulu pernah terfikir dalam diri bagaimana ya cara nya bikin situs web sendiri. Aku cari di google tuh, sampe akhirnya ada tutorial bikin blog di blogger, tapi karena hp aku cuma hp jadul nggak berhasil donk bikin web nya.

Tak terasa setahun bersama hp Forland. Aku selalu menghabiskan waktu untuk membuka google.

Kebiasaan itu tidak berlangsung lama, hp yang aku gunakan akhirnya rusak. Awalnya cuma baterai aja yang kembung, tapi karena telat diperbaiki jadi nya mati total.

2 Tahun kemudian aku punya HP lagi, jenis nya Blueberry lengkap dengan fitur java. Ponsel kedua ini benar-benar bikin aku makin pinter, disana aku belajar banyak tentang aplikasi java. Bahkan belajar mengenai pemrograman PHP.

Pada ponsel BlueBerry ini aku sempat buat blog, tepat nya di MyWapBlog. Topik bahasan nya, nggak jauh-jauh dari aplikasi java. Kegiatan ngeblog tidak begitu aku minati, aku lebih berminat ke arah perkodingan.

Tahun demi tahun berlalu, ponsel ku juga berganti. Android pertamaku HP Evercoss, ponsel tersebut sudah bisa membuat ku jadi seorang programer. Bahkan aku punya website sendiri, seperti yang aku idam-idamkan sejak punya ponsel Forland Tahun lalu.

Sayangnya HP Evecoss tidak bertahan lama, bertahun-tahun aku tidak punya HP. Mungkin selama 3 tahun, hingga pada akhirnya dapat android ke 3 hasil ngakalin HP temen. Bilangnya sudah rusak hilang, padahal kenyataanya diumpetin. Jenis HP nya Samsung Galaxy Ace 3

3 tahun aku bermain dengan Samsung Ace 3, kegiatanya nggak ada yang lain. Cuma ngoding dan buka facebook. Kegiatan terssbut terus aku lakuin hingga tahun 2018

Pada akhir tahun 2018 aku berfikir, nggak ada hasilnya ngoding. Bertahun-tahun belajar tapi nggak dapat uang juga, sejak saat itu lah aku pindah menjadi penulis blog. Banyak sekali perjuangan saat memulai membuat blog.

Tahun 2020 aku pernah punya laptop sendiri, tidak bertahan lama. Selang satu bulan laptop yang aku beli dengan uang sendiri akhirnya dijual, semuanya akibat ulah bapak yang nggak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Dan Blog Catatan ini, baru saja dibuat pada bulan November lalu. Hari dimana tahun kelahiran ku, rencana ke depan Blog ini mau aku isi dengan catatan jurnal harian. Apapun yang aku pahami pasti akan dicatat dalam blog ini.

Posting Komentar untuk "Diary Kak Ryan, Sebuah catatan menuju kesuksesan"